WhatsApp Image 2017-11-29 at 08.08.17

Mahalkah Harga Otak Anda ?

(Seri 1 Tips Mengatasi Rasa Takut Salah)

Teringat lelucon klasik yang menceritakan bagaimana mahalnya otak orang Indonesia. Ya tentu cerita ini hanyalah cerita jenaka, hanya saja muatan berpikir logis cukup kental dan tak bisa disepelekan. Cerita itu mengkisahkan bahwa dalam otak terdapat banyak ruang penyimpanan memori yang begitu luas, ruang tersebut berani dibayar mahal oleh calon pengguna yang sudah kekurangan ruang karna terlalu banyak berpikir dan menurut mereka otak orang Indonesia masih memiliki beberapa ruang memori yang kosong.

Dari cerita tersebut saya terkoneksi dengan pertanyaan yang bisa juga disebut pertanyaan klasik. Kenapa klasik ? Ya karna memang hampir di setiap ruang pengajaran saya bertemu dengan pertanyaan-pertanyaan serupa. Entah itu pengajaran level pemula, level praktisi, sampai pada level mahir sekalipun pertanyaan klasik ini senantiasa ditanyakan. Selalu saja ada tangan yang diangkat untuk memohon izin bertanya mengenai bagaimana tips mengatasi takut salah dalam berbicara di depan umum dan juga dalam memberikan training.

Lalu dimana koneksinya ? Apa kaitannya cerita otak orang Indonesia dengan pertanyaan klasik mengenai tips ampuh mengatasi rasa takut salah coach ? Simple, saya menyimak sendiri bagaimana ternyata rasa takut bersalah menyisakan ruang yang cukup luas didalam otak. Ya, rasa takut tersebut menekan kreasi, rasa takut tersebut mencegat provokasi untuk melakukan suatu aksi, rasa takut itu menciptakan mahluk-mahluk pengecut yang hanya terdiam menatap peluang demi peluang berbicara didepan menguap begitu saja dia lewatkan.

Mungkin bila memang pasar otak itu ada, tentunya akan membuat harga otak yang tersimpan rasa takut ini jauh lebih mahal daripada otak kami para pengembara yang senantiasa berpikir bagaimana mempersiapkan penampilan agar terhindar dari rasa salah.

Ah sudahlah, daripada tercipta inflasi harga otak karna naiknya harga yang melonjak tinggi akibat rasa takut bersalah, bismillah dalam seri tips mengatasi rasa takut salah ini saya akan menshare pengalaman yang Allah titipkan untuk mengatasi rasa takut bersalah dan malah balik mencintainya.

Bagi sobat NLPers, pasti sudah memahami bahwa takut adalah sebuah STATE, dan STATE akan mempengaruhi FISIOLOGIS serta kreasi otak kita, solusinya seperti apa ?

Dalam NLL (Neuro Logical Level) dijelaskan bahwa STATE yang tak berdaya adalah karna rentetan Behaviour, Skill, Value, Belief, Identity & Spiritual yang kurang tepat.

Seri tips mengatasi rasa takut salah ini kedepan akan mengupas rentetan Behaviour, Skill, Value, Belief, Identity & Spiritual yang tepat untuk membebasi dari rasa takut salah yang membuat kita tidak produktif. 

Bagaimana Solusinya, Nantikan Episode berikutnya seri tips mengatasi rasa takut

Simak terus ya.

Salim,
Andra Hanindyo, CPC
NLP Coach

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>